Dalam membuat sebuah file pada Microsoft Office, terkadang kita menginginkan agar orang lain tidak dapat membukanya, atau mungkin file tersebut hanya kita tujukan untuk bebearapa orang saja. Bila itu yang terjadi maka sebenarnya ada sebuah cara yang teman-teman bisa lakukan untuk meminimalisirnya, salah satunya adalah dengan mempassword atau memberi kata sandi pada file yang sudah teman-teman buat. Caranya silahkan simak dibawah ini, sebagai contoh saya menggunakan Microsoft Office Word.
- Tentukan file dokumen Ms. Word yang ingin anda password kemudian pilih menu FILE
- Pilih menu save as, tentukan nama filenya serta ekstensinnya (format).
- Pada kotak dialog save as pilih menu tools, klik kemudian pilih menu general option.
- Pada kota general option silahkan isikan password yang anda inginkan untuk membuka file tersebut dan jika anda juga ingin menentukan password untuk mengedit maka isikan pada kolom setelahnya, kemudain centang (pilih) Read-Only Recommended
- Maka setelah itu akan muncul dua kotak dialog yaitu re-enter password to open dan re-enter password to modify (jika tadi anda mengisinya) isikan sesuai dengan sandi yang anda isikan pada kotak dialog sebelumnya
- Kemudian yang terakhir klik menu save. file anda sekarang sudah memuat kata sandi. file ini tidak dapat dibuka atau tidak dapat di edit jika user belum memasukan kata sandi yang termuat di dalamnya.Cara seperti ini bisa anda lakukan pada Program Microsoft Office yang lainnya. Sekian semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar